Cerita Dibalik Foto Profil Pelangi

rainbow

Gue yakin, beberapa hari belakangan ini linimasa media sosial kalian berhiaskan pelangi. Mungkin kalian bertanya-tanya, “Ada apa gerangan?“. Apakah salah satu upaya mengenalkan kembali lagu Pelangi-Pelangi kepada anak-anak? Mungkinkah trend rainbow cake mencuat lagi? Ah, padahal gue lebih suka chocolate cake. Btw, pada tahu nggak sih di mana bisa beli chocolate cake yang enak?

Maaf.. Salah fokus.

Yuk kita bahas satu per satu mengenai trend foto profil pelangi ini.


Rainbow Flag (Bendera Pelangi)

Menurut sumber terpercaya bagi para mahasiswa (Wikipedia – red), rainbow flag atau bendera pelangi adalah simbol yang melambangkan pergerakan dari kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual dan Transexual). Keragaman warna ini melambangkan perbedaan di komunitas LGBT. Awalnya, bendera ini berasal dari Northern California, namun saat ini sudah digunakan secara mendunia.

Pada awalnya, rainbow flag terdiri dari 8 warna yang berbeda dengan artinya masing-masing, yaitu :

  • hot pink: sexuality
  • red: life
  • orange: healing
  • yellow: sunlight
  • green: nature
  • turquoise: magic/art
  • indigo/blue: serenity/harmony
  • violet: spirit

Dalam perkembangannya, warnanya dikurangi menjadi 6 karena keterbatasan stok bahan dari beberapa warna. Keenam warna tersebut adalah red, orange, yellow, green, royal blue, dan violet.

Legalisasi Pernikahan Sejenis di Amerika Serikat

Sebenarnya, pernikahan sejenis sudah legal di beberapa negara seperti Belanda, Belgia dan Spanyol. Di Amerika Serikat, pernikahan sesama jenis legal di 36 negara bagian dan ibu kota Washington D.C. Dengan ditambahkannya keputusan dari MA Amerika Serikat pada hari Jumat, 26 Juni 2015 waktu setempat, maka pernikahan sesama jenis menjadi legal di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Pengaruh dari Amerika Serikat sebagai negara adidaya membuat keputusan MA tersebut direspons secara beragam oleh dunia internasional. Banyak yang mendukung, namun tidak sedikit pula yang menentang. Pertentangan umumnya datang dari kaum beragama yang menolak pernikahan sesama jenis dalam ajaran agamanya masing-masing.

Foto Profil Pelangi

Mark Zuckerberg with Rainbow Flag. Celebrate Pride.

Mark Zuckerberg with Rainbow Flag. Celebrate Pride.

Mark Zuckerberg, pendiri media sosial terbesar Facebook, membagikan foto profilnya terbaru dengan latar pelangi. Tak lupa dia juga mencantumkan tautan untuk membuat foto profil tersebut, facebook.com/celebratepride. Hal ini dia lakukan sebagai bentuk dukungan dan perayaan terhadap legalisasi pernikahan sesama jenis di Amerika Serikat.


Tak ayal, jutaan pengguna Facebook beramai-ramai menggunakan layanan tersebut. Ada yang tahu arti di balik pelangi tersebut, ada juga yang sekedar membuat foto profilnya cantik dengan latar pelangi.

Pesan Penulis

Gue sendiri menggunakan foto profil pelangi yang diedit sendiri dengan Photoshop. Sialnya setelah gue edit, gue baru tahu ada layanan dari Facebook yang nggak bikin gue repot-repot buka aplikasi Photoshop. Gue sadar arti dibalik warna pelangi itu karena gue tipikal orang yang suka mencari tahu akan suatu hal sebelum menerapkannya.

Gue punya beberapa teman LGBT dan maybe they’re ones of the most awesome people that I’ve ever met. Gue mendukung mereka mendapatkan hak yang mereka idam-idamkan sedari dulu, legalisasi pernikahan. Gue juga paham, hal ini akan sangaaattt lama sekali bisa diterapkan di Indonesia. Tapi dengan melihat linimasa gue setelah peristiwa ini, setidaknya gue positive thinking. 🙂

Cinta memang seharusnya tidak dikotak-kotakkan antara pria dan wanita saja. Seorang teman menulis, “Jika LGBT dilegalkan, nanti para pedofilia juga bisa donk menuntut legalisasi?”. Well.. well.. well. For me, pedofilia is a different shit. Anak kecil masih terlalu lugu untuk memahami cinta yang biasa dijalani oleh orang dewasa. Perasaan suka anak kecil ke yang lebih tua biasanya karena orang yang lebih tua tersebut dapat menjadi teman main dan memberikan hadiah.

Lalu nanti bagaimana dengan para wibu yang menuntut legalisasi pernikahan dengan tokoh 2D nya? Ah, itu urusan mereka. Waifu mereka kalau seasonnya lewat juga didiskon di kaskus. *ditimpuk wibu*

And after all, maybe I just want to piss off all of my homophobic friends..