Kecewa Dengan Masterweb!

— Update 2016
Setelah menggunakan Masterweb dan Hawkhost, gue akhirnya menggunakan Niagahoster. Silakan baca pengalaman gue selengkapnya.

— Update 2017

Sekarang website gue di-hosting di Linode.
Berhubung gue udah mulai paham VPS dan teman-temannya. 🙂
Feel free to be my referral by clicking this link yah. Thanks!

 

Kali ini gue akan menambah barisan sakit hatinya salah satu jasa web hosting terbesar di Indonesia, Masterweb. Yup, sebagai pelanggan web hosting mereka dari 2011, gue sebenarnya udah banyak melihat review negatif tentang mereka. Review Masterweb itu umumnya gue temui di Kaskus, Diskusi Web Hosting dan banyak banget blogger yang kuciwa. Biasanya sih gue cuma nyengir sambil bilang “Koq gue nggak ngalamin yah?“. Okelah layanan supportnya nggak sempurna seperti lagunya Andra and The Backbone, cuma selama gue hosting di sana sih baik-baik aja. Sampai gue ngalamin sendiri kejadian yang bikin gue kecewa dengan Masterweb! -_-

Asal Mula

Alkisah saat lagi ngecek webmaster, gue dapat info kalau website gue nggak bisa diakses. Anehnya saat gue test di browser, website gue aman-aman aja (Yang anthonykusuma.com ini). Setelah googling2 lucu, akhirnya gue sampai pada satu kesimpulan kalau website dengan server Indonesia memang agak sulit diakses dari luar negeri. Belakangan juga dapat info dari kenalan yang punya web hosting kalau rata-rata web hosting di Indonesia tuh bandwidth internasionalnya pelit2.

Akhirnya gue pun bertekad mindahin server blog gue ini ke Singapura. Singapura ini emang gue saranin jika kalian punya blog dengan target pengunjungnya dari Asia dan intenasional. Nah, pada tanggal 30/06/2014 gue buka tiket buat request pemindahan server ke Singapura. Support dari Masterweb pas itu respons nya cepet dan ngasih tahu kalau migrasi dilakukan pada malam hari. Setelah gue setuju, esoknya tanggal 1/7/2014 website gue udah dipindahin ke server Singapura. Gue ngeceknya kebetulan pake addon Flagfox di Firefox.

Setelah pemindahan itu, hasilnya cukup oke. Nggak pernah ada lagi issue2 nggak jelas seperti pas pilpres kemarin. Eh, maksud gue info google bot can’t access my website lagi. Salah satu artikel absurd gue soal L-Men Carnitine Water pun nongol di pageone nya google search. Everything works like a charm until one day…

Koq Balik Lagi?

Kecewa Masterweb

Ekspresi Gue Pas Itu

Kalau lu ngerasa balikkan ama mantan udah cukup aneh, ini server gue balik lagi ke server Indonesia tanpa persetujuan gue. Sialnya, gue sadarnya cukup telat yaitu sekitar bulan Oktober dan gue nggak tahu pasti sejak kapan tuh dipindahinnya karena gue sempat jarang ngeblog. Gue sadarnya juga pas ada error database pas gue akses website gue. Gue memang sempat ganti settingan database gue nggak lama setelah website gue dipindahin ke Singapura. Asumsi gue sih nih Masterweb cuma mindahin file dan database gue tanpa ngubah config-nya.

Gue belum curiga dan cuma ganti config gue via Cpanel. Websitenya on lagi dan gue juga sempet update beberapa post dan ngubah tampilan blog gue. Lalu website gue error database lagi, baru gue heran. Pas kebetulan gue buka pake Firefox, gue nemuin server location gue ada di Indonesia lagi. Lah koq bisa? Apa mesin waktu gue bekerja? Apa doraemon diam2 nyulik gue ke masa lalu? Apakah kenangan masa lalu itu masih ada? Ah sudahlah..

Abis itu gue buka tiket donk. Jawaban dari mereka cuma telah bantu sync kembali akun hosting anda. Website nya menyala kembali, tapi postingan dan tampilan blog gue balik lagi ke yang lama. Kan kampret namanya udah nulis ilang lagi. Abis itu gue bales tiketnya:

saya post artikel di website saya pada tanggal 11 Oktober 2011 dan setelah database down lalu website saya dimigrasikan lagi ke server SG, postingan itu tidak ada. Asumsi saya Masterweb melakukan restore data dari database saya sebelumnya.

Doi pun membalas:

mungkin maksudnya bukan dimigrasikan, akan tetapi diarahkan kembali ke server sebenarnya di SG yang mungkin sebelumnya sempat kembali mengarah ke server lama karena dilihat ada history migrasi dibulan juni.
Kira kira setelah migrasi pada saat itu sudah update berapa artikel?, mungkin untuk mencoba agar post artikel yg dimaksud bisa kembali, apakah ingin dicoba restore backup?, berikut ketiga data priode backup pada user hosting Anda,

-rw——- 1 root root 39995076 Oct 14 16:50 /backup/server80305x.local/cpbackup/daily/k1320465.tar.gz
-rw——- 1 root root 39946217 Oct 8 16:10 /backup/server80305x.local/cpbackup/weekly/k1320465.tar.gz
-rw——- 1 root root 40067985 Sep 19 16:09 /backup/server80305x.local/cpbackup/monthly/k1320465.tar.gz

Silakan ingin dicoba restore ke data priode mana?,

Cuma pengarahan bagaimana? Kalau cuma diarahkan kenapa postingan gue hilang? Kan gue postingnya pas kondisi server lagi di Singapura. -_- Yah.. gue melihat secercah harapan, bisa dibalikkin ke tanggal 14 Oktober setelah gue posting artikel. Gue request untuk restorisasi ke tanggal 14 Oktober. Btw, tiket ini gue kirimkan pada tanggal 16 Oktober 2014.

Di-PHP-in

Guys, di-PHP-in itu nggak enak. Baik itu diberikan harapan palsu ataupun ngurusin coding PHP, sama-sama bikin pusing T^T. Setelah berhari-hari nggak ada kabar, tanggal 21/10/2014 gue coba tanya progressnya. Ternyata jawaban doi di luar dugaan:

Saat ini lihat hasil generate backup sudah terrolling,

-rw——- 1 root root 35508128 Oct 20 16:48 /backup/server80305x.local/cpbackup/daily/k1320465.tar.gz
-rw——- 1 root root 35380097 Oct 18 16:48 /backup/server80305x.local/cpbackup/monthly/k1320465.tar.gz
-rw——- 1 root root 35058620 Oct 15 16:09 /backup/server80305x.local/cpbackup/weekly/k1320465.tar.gz

kira2 ingin direstore ke data priode mana Pak/Bu?, sebaiknya jika hanya 1 atau 2 artikel bisa Anda lakukan upload kembali saja, khawatir jika dilakukan restore user hosting Anda akan berakibat update artikel semakin tidak updated.

Keki luar biasa gue. Jadi 5 hari itu gue waiting for nothing!? -_-

lah , kemarin masih ada yang tanggal 14.. koq jd tidak ada?
save-an article nya tidak ada karena langsung saya post di blog.

kalau di restore ke tanggal 15 mah sama saja, soalnya tanggal 14 malam kan dipindahkan lagi servernya dari ID ke SG..
Perlu dicatat bahwa sebelumnya blog saya memang berada di server SG dan pihak masterweb yang atas inisiatif sendiri yang memindahkannya ke server ID. Dan sekarang setelah saya minta dikembalikan lagi ke SG, malah postingan blog saya ayng hilang.

memangnya dari tanggal 16 itu permintaan restorasi nya masih belum diproses yah hingga tahu2 sudah tidak ada pilihan restorasi pada tanggal 14?

Dan inilah contoh balasan support yang luar biasa, saudara-saudara:

Dengan hormat,

Backup otomatis tiap harinya bekerja pada tengah malam sehingga terrolling, semoga dapat dipahami, kalau saja saat ini cepat merespon saat reply tiket lalu hubungi langsung via livechat/telepon bisa langsung dikerjakan.
Memang dari postingan yg hilang cukup banyak kategory yang hilang?, jika masih ada data bisa diupload/post ulang saja, khawatir jika direstore tidak menghasilkan yg diharapkan karena sudah terrolling.

Terima kasih.

Lah malah gue yang disalahin gara2 nggak livechat / telepon? Kalau gitu ngapain ada tiket? Dia juga yang nawarin buat restore ke tanggal 14 terus nggak dikerjain? Akhirnya gue tutup tiketnya sambil ninggalin 1 star buat respons tiket itu. Bakan 1 star pun nggak pantes buat penanganannya, bagusan minus 100 gitu.

Akhirnya, HawkHost!

Habis kejadian itu, gue positif mau nyari web hosting baru. Kali ini gue penasaran mau coba jasa web hosting luar negeri. Setelah googling sana sini, pilihan gue jatuh pada 2 jasa web hosting, NameCheap dan HostGator. Setelah beberapa pertimbangan, seperti harga dan adanya server yang berlokasi di Singapura, maka gue putuskan untuk memakai HawkHost. Lah koq nggak nyambung? Yaudah sih. Kadang yang menjadi jodoh kita adalah yang tidak kita sangka-sangka (aih.. sadap).

Proses hosting transfer dari Masterweb ke Hostgator berjalan dengan lancar. Support mereka sangat membantu gue sehingga semua file dan settingan cpanel gue dapat ditransfer dengan baik. Gue belum bisa kasih review banyak soalnya baru 1 hari di Hawkhost ini, tapi so far akses website terasa lebih kencang dengan teknologi LiteSpeed yang mereka punya. Website gue ini sekarang juga dilengkapi dengan Cloudflare biar lebih wuss wuss lagi. Buat kalian yang mau daftar, bisa coba coupon yang ada di sini sambil make referral gue yah :))

HawkHost Unlimited Hosting

HawkHost Unlimited Hosting

Update – Hosting with Niagahoster

Kangen itu datangnya tiba-tiba. Iya, tiba-tiba gue kepengen lagi punya hosting lokal di Indonesia. Gue kangen dengan kecepatan akses website yang lebih kencang. Memang sih, perbedaan server Singapore dan Jakarta tidak terlalu jauh. Tapi, perbedaan yang tidak terlalu jauh itu berdampak bagi pengguna internet Indonesia yang mostly masih lelet ini. Yah, internet kencang buat apa?

Setelah browsing-browsing gue menemukan banyak pilihan (yak.. tentu saja pilihannya selain provider yang tercantum di judul artikel ini). Kebanyakkan pilihan gue tersebut menyediakan space dan bandwidth terbatas. Bukannya kenapa nih, gue takut aja tiba-tiba website yang gue buat nanti greget banget trus traffic-nya tinggi. Bisa ke-suspend deh 🙁

Akhirnya gue menemukan Niagahoster. Doi dengan kerennya menawarkan storage dan bandwidth unlimited. CPanel nya seperti cloud hosting di mana ada pembagian “jatah” CPU dan RAM secara virtual. Jadi, nggak usah takut kegencet ama website lain yang berada di server yang sama.

Iseng-iseng, gue cari tahu tentang data center-nya. Dan gue amazed! Data center Niagahoster berlokasi di Biznet Technovillage. Udah pada tahu kan pastinya kalau Biznet itu salah satu penyedia jasa internet dan hosting yang handal di Indonesia. Informasi server-nya aja udah bikin ngiler nih:

Prosesor 2 x Quad-Core Intel(R) Xeon(R) E5-2609 @ 2.40GHz
Memory RAM 32GB
Kecepatan Jaringan 1Gbps
Disk Drive Setup RAID-10Sistem Operasi CloudLinux 6.4

Jadi buruan deh kalau masih nyari-nyari hosting lokal yang greget, daftar aja di Niagahoster. Mantap kan? 😀

Ah, buat yang penasaran website gue yang sedang dihosting di Niagahoster, saat ini masih under development. Buat yang udah nggak sabar, bisa coba berkunjung ke aimoments.com. Gue akan coba update pengalaman gue dengan Niagahoster ini dengan kalian di artikel lain. Thanks!! ^^