Pengalaman Mengurus Perpanjangan SIM Keliling Beda Kabupaten

sim-keliling-header

Hai, udah lama nggak nulis – padahal mah ngetik. Kali ini gue akan berbagi salah satu topik yang banyak orang cari, Mengurus SIM di mobil SIM Keliling! Yeaayyy!

Topik ini sebenernya udah banyak ada di blog blog lainnya. Tapi kali ini terasa spesial karena pake telor gue akan membagikan pengalaman gue sendiri mengurus di mobil SIM keliling yang beda kabupaten. SIM gue dulu dibikinnya di kabupaten Tangerang, sedangkan mobil SIM keliling adanya di kota Tangerang. Sama-sama Tangerang, cuma yang 1 dipimpin bupati, yang 1 lagi dipimpin walikota (yes keles!).

Sebelum gue otw ke mobil SIM keliling, gue sempet cari-cari di mbah Google soal pengurusan SIM di mobil SIM keliling yang beda kabupaten / kota,  tapi sayangnya gue nggak menemukan satupun artikel yang oke. Akhirnya minggu pagi, gue menuju Giant samping rumah sakit Annisa Jatiuwung untuk memperpanjang SIM gue.

SIM Udah Mau Abis

Nggak kerasa udah hampir 5 tahun sejak gue bikin SIM pertama kali. Tahun 2010 dianterin emak ke Polres Tigaraksa naik angkot. Huah.. saya memang anak mama yang lucu dan nggemesin :3

Nah, lagi ngobrol-ngobrol lucu ama family waktu itu, tiba2 papa nyeletuk “SIM kamu udah mau diperpanjang kan?”. Gue ngeluarin SIM dari dompet gue terus gue cek masa berlakunya “Wah, ternyata udah mau abis yah.”

Abis itu gue mulai bikin planning buat ke sana pas weekend. Lalu hari Minggu, 2 Agustus 2015 gue pun menuju salah satu lokasi perpanjangan SIM Keliling di Giant, samping RSU Annisa Jatiuwung.

SIM Keliling

Gue sampai di TKP jam 9an lewat dan begitu tiba di sana antrian sudah membludak. Setelah kepo-kepo dikit dengan orang di sana, katanya sudah ada yang antri dari jam 7. Wow, jadi ingat-ingatlah untuk datang pagi-pagi agar tidak terlalu lama mengantri. Kalau perlu, persiapkan tenda untuk bermalam sebelumnya.

Situs Resmi Pelayanan SIM Kota Tangerang

Situs Resmi Pelayanan SIM Kota Tangerang http://yansimrestrotangerangkota.com

Setelah mengantri cukup lama sekitar 30 menit, akhirnya giliran gue tiba juga. Lalu terciptalah percakapan singkat gue dengan petugas pelayanan SIM.

Gue : *ngejulurin fotokopi SIM, KTP dan SIM asli*

Petugas : “Ga bisa, pak. Tiga Raksa ini.” *balikin lagi*

Gue : “Oh. Ga bisa yah.”

Singkat banget kan? Hahaha.

Jadi intinya, mobil SIM keliling kota Tangerang hanya melayani perpanjangan SIM dengan domisili di Kota Tangerang dan sekitarnya. Sedangkan untuk kabupaten Tangerang diwajibkan mengurusnya di polres Tiga Raksa. Sayang sekali yah, padahal dengan adanya mobil SIM keliling ini sangat membantu orang yang tidak bisa mengurusnya di weekdays seperti gue.

Adapun tips buat kalian yang mau mengurus SIM di mobil SIM keliling berdasarkan observasi singkat gue di TKP:

  1. Persiapkan fotokopi KTP dan SIM masing-masing 2 lembar. Banyak yang gue lihat kerepotan sendiri mencari tempat fotokopi.
  2. Persiapkan alat tulis (Ballpoint hitam). Ballpoint digunakan untuk mengisi form yang dibagikan petugas.
  3. Datang pagi-pagi agar tidak terlalu lama menunggu.
  4. Persiapakan uang.
  5. Pastikan kalian berdomisili di coverage area Polres yang melayani perpanjangan di mobil SIM keliling.

Untuk kalian yang berdomisili di Kota Tangerang dan sekitarnya, coba deh mampir ke http://yansimrestrotangerangkota.com untuk informasi terbaru seputar lokasi mobil SIM keliling. Demikian tulisan gue, semoga berguna yah. 🙂