WHV – Susah Cari Kerja Pas Wet Season di Darwin?

Hello,
Sudah lama sekali yah tidak menulis di blog ini? *bersihin debu dan sarang laba2*.

Kali ini saya sedang tidak berada di Indonesia. Sudah hampir sebulan saya menjalani Work Holiday di Darwin, Northern Territory, Australia. Cerita lengkap mengenai cara mendapatkan Work Holiday Visa ini bisa dibaca di blog istri saya, Mendapatkan Work and Holiday Visa (WHV) 2018.

Darwin, Sebuah Kota di Northern Territory

Darwin menjadi tempat pilihan pertama kami karena beberapa hal, yaitu:


  • Rate per hour yang cenderung lebih tinggi dibandingkan kota besar seperti Melbourne dan Sydney;
  • Jauh dari β€œtoko-toko lucu” yang cenderung menghabiskan uang, seperti Starbucks, Chatime, etc. Oleh karena itu, kami terhindar dari hedonisme sehingga diharapkan bisa saving lebih banyak 😜 ;
  • Iklim yang cenderung mirip dengan Jakarta, sehingga kami tidak perlu membawa perlengkapan musim dingin dan adaptasi.
  • Last but not least, kami ingin langsung menuntaskan persyaratan second year kami di Northern Territory.

Darwin hanya memiliki 2 musim seperti di Indonesia, orang lokal menyebutnya wet season dan dry season. Wet Season biasanya berlangsung dari bulan November hingga April, sedangkan dry season berlangsung dari Mei hingga Oktober. Pada wet season, curah hujan cenderung tinggi disertai kemungkinan Cyclone, badai tropis yang hampir serupa dengan tornado atau taifun. Hal ini mengakibatkan Darwin cenderung sepi saat wet season berlangsung. Pelaku usaha pun biasanya tidak mempekerjakan orang baru dan mengurangi jadwal operasional setiap minggunya.

Kami tiba di Darwin pada tanggal 12 Februari 2019, sebuah bulan yang menurut sebagian besar orang adalah bulan yang sulit untuk mencari kerja karena wet season tersebut. Kami pede saat orang-orang menghindari kota tersebut, mungkin itulah kesempatan buat kami. Lagipula, jika tidak kunjung dapat kami masih bisa pergi ke daerah lain seperti Alice Springs.

Yah, namanya juga rezeki. Selama sekitar 1 minggu di sini saya berhasil mendapatkan pekerjaan pertama saya. Lalu seminggu setelah itu, saya mendapatkan pekerjaan kedua saya. Bermodalkan drop CV di hampir semua cafe dan restoran di CBD, saya pun memulai pekerjaan saya di Darwin.

Sushi Maker di Sushi Izu

Sushi Preparation at Sushi Izu

Sushi Izu merupakan tempat pertama saya bekerja di Darwin. Sushi Izu ini terletak hampir di semua cabang Woolworths, sebuah supermarket di Australia. Saya mendapatkan pekerjaan ini setelah hampir 2 jam melakukan trial.

Pekerjaan utama saya adalah membuat sushi, baik itu sushi roll (maki) ataupun nigiri sushi. Selain itu ada pekerjaan lainnya seperti mencuci perlengkapan, menyiapkan bahan sushi (preparation), dan juga mengurus kiriman bahan dari supplier.


Jam kerja untuk posisi saya adalah jam 5 pagi sampai jam 11 siang. Namun karena saya masih trainee, saya bekerja dari jam 7 pagi sampai 12 siang.

Kitchen Hand di Bar Tapa+Vino

Devil Egg. Salah satu menu favorit di Bar Tapa+Vino

Seminggu setelah mendapatkan pekerjaan di Sushi Izu, saya mendapatkan panggilan trial di Bar Tapa+Vino. Tapa ini semacam restoran nongkrong khas Spanyol yang biasanya menyajikan makanan-makanan ringan untuk di-share bersama teman. Tempat ini juga menyajikan berbagai wine dan minuman beralkohol lainnya untuk menemani makanan yang disantap.

Pekerjaan saya adalah membersihkan perlengkapan dapur seperti wajan, panci, piring, dan lain-lain. Pada akhir shift, saya juga membuang sampah, menyapu & mengepel lantai dapur. Seminggu sekali ada deep cleaning yang mengharuskan saya membersihkan dinding, kompor, oven, dan lain-lain.

Sesekali, Chef Nick juga mengajarkan saya cara membuat garnish agar penyajian makanan jadi lebih apik. Dalam beberapa shift, saya juga sesekali membantunya untuk memasak. It’s fun!

Susahkah Mencari Kerja di Darwin saat Wet Season?

Susah? Mungkin, dan memang lebih susah dibandingkan dry season. Apalagi usaha di Darwin sedang sulit, setidaknya begitu kata beberapa orang yang saya temui.

Namun, hei, jika memang sudah rezeki, pasti dapat koq. Yang pasti, bekerja di Darwin lumayan oke dengan rate yang menarik. Sampai bertemu di post WHV lainnya.